Elearning Sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi

Maturbongs, Yoseph Hendrik (2020) Elearning Sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi. Elearning Sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan, I (1): 10. pp. 1-15. ISSN -

[img] Text (E-learning Sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi)
Elearning Sebagai Strategi Pengembagan Pendidikan TInggi.pdf - Published Version

Download (526kB)
Official URL: http://www.starki.id

Abstract

Era globalisasi memberi dampak yang cukup luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan. Isu penguatan mutu dan pengembangan pendidikan merupakan salah satu akibat yang ditimbulkan dari isu-isu globalisasi tersebut. Tantangan nyata dalam penguatan mutu dan pengembangan pendidikan adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi utuh (Prabowo). Sementara itu, perkembangan pendidikan tinggi saat ini telah menimbulkan keprihatinan dari masyrakat sebagai konsumen maupun dari pemerintah sebagai regulator. Tenaga kerja Indonesia sebagai bagian dari hasil proses pendidikan di perguruan tinggi, berdasarkan laporan World Economic Forum tahun 2015 – 2016 menempati urutan 33 dari 140 negara. Jauh di bawah sesama negara ASEAN seperti Filipina, Malaysia, ataupun Singapura. Dihadapkan pada krisis multidimensional yang berkepanjangan, masyarakat pun mengharapkan kepastian bagaimana bangsa ini akan menghadapi kompetisi global. Bila ditilik secara nasional, dalam Laporan Pelaksanaan Tugas BAN-PT Semester-1 Tahun 2019 disebutkan bahwa dari sejumlah 4.680 perguruan tinggi di Indonesia, 2.259 (48,2%) perguruan tinggi sudah terakreditasi. Prosentasi perguruan tinggi yang memperoleh Akreditasi A adalah 4,2%, Akreditasi B 39%, dan Akreditasi C 56,8%. Hal tersebut menunjukan bahwa sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia masih perlu ditata dan dikembangkan secara serius (Kemenristekdikti). Saat ini, globalisasi teknologi telah menjadi salah satu hal mendasar yang menyebabkan perubahan dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Kemajuan teknologi komputer dan jaringan, serta komunikasi telah memberikan kontribusi untuk membuat cara untuk mendidik orang sangat berbeda dari era sebelumnya. E-learning adalah salah satu media pembelajaran yang muncul akibat percepatan teknologi dan telah menjadi andalan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Cakupan layanan, kecepatan, kemudahan berbagi informasi dan pengetahuan, efektivitas dan efisiensi adalah beberapa alasan mengapa e-learning diharapkan menjadi solusi dalam memodernisasi pendidikan ataupun metode belajar tradisional (face-to-face). Dengan demikian menjadi hal yang menarik untuk dikaji, seberapa jauh e-learning dapat dijadikan sebagai strategi dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia?

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Yoseph Hendrik Maturbongs
Date Deposited: 27 Aug 2020 20:05
Last Modified: 27 Aug 2020 20:05
URI: http://repository.starki.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item