Peer Review E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen Studi Kasus : Digital Payment OVO

Oktivera, Elsie Peer Review E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen Studi Kasus : Digital Payment OVO. Universitas Bina Sarana Informatika.

[img] Text (Penilaian Peer Review)
E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying KonsumenStudi Kasus Digital Payment OVO.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pertumbuhan e-commerce yang semakin meningkat semakin mendorong penggunaan transaksi digital payment. Perilaku bertransaksi konsumen mengalami perubahan dari transaksi tunai dengan menggunakan digital payment. Sistem pembayaran digital tersebut semakin diminati masyarakat karena dianggap lebih aman dan lebih memberikan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sales promotion yang dilakukan digital payment OVO dalam mendorong perilaku impulse buying pada konsumen serta menganalisa faktor motivasi yang menguatkan perilaku impulse tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengambil metode pengambilan subjek judgmental sample dengan tipe criterion samplinguntuk memilih subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam. Informan penelitian merupakan pengguna OVO berusia 19 – 23 tahun yang berdomisili di Jakarta dan Bekasi sejumlah 10 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh e sales promotion OVO yang membentuk pembelian secara impulsive melalui strategi cashback, diskon, dan coupons. Stimulus pesan promo selling pada aplikasi OVO dapat mengubah motivasi konsumen yang awalnya menjadikan aplikasi ini sebagai penunjang kemudahan bertransaksi, menjadi motivasi yang ingin memenuhi hasrat keinginan hedonis.
Kata kunci: e-sales promotion, impulse buying, digital payment

ABSTRACT
The development of e-commerce drives the use of digital payment transactions. Consumer transaction behavior changes from cash transactions to using digital payment. The digital payment system is increasingly in demand by the public because it is considered tobe safer and more convenient. This study aims to find out how sales promotion strategy is carried out by OVO digital payment in encouraging impulse buying behavior in consumers. Moreover, this will analyze motivational factors strengthening impulse behavior. This descriptive qualitative research takes the method of judgmental sample with criterion sampling type to select the research subject. The study was conducted with in-depth interview techniques. Theinformants are 10 OVO users aged 19-23 years living in Jakarta and Bekasi. The results revealed that the influence of OVO e-sales promotion driving impulsive purchases were through a cashback, discount and coupons strategy. Promo selling stimulus on OVO application can suddenly change the motivation of consumers who initially take this application as a support for ease of transaction into motivation to fulfill hedonic desires.
Keywords: e-sales promotion, impulse buying, digital payment

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elsie Oktivera
Date Deposited: 20 Sep 2020 03:48
Last Modified: 28 Sep 2020 06:31
URI: http://repository.starki.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item