E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen. Studi Kasus : Digital Payment OVO

Oktivera, Elsie and Wirawan, F.A Wisnu E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen. Studi Kasus : Digital Payment OVO. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7 (1). ISSN 2355-0287

[img] Text (Artikel Jurnal)
E-Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen.pdf

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK
Pertumbuhan e-commerce yang semakin meningkat semakin mendorong penggunaan transaksi digital
payment. Perilaku bertransaksi konsumen mengalami perubahan dari transaksi tunai dengan
menggunakan digital payment. Sistem pembayaran digital tersebut semakin diminati masyarakat karena
dianggap lebih aman dan lebih memberikan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi sales promotion yang dilakukan digital payment OVO dalam mendorong perilaku
impulse buying pada konsumen serta menganalisa faktor motivasi yang menguatkan perilaku impulse
tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengambil metode pengambilan subjek judgmental sample
dengan tipe criterion samplinguntuk memilih subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan tehnik
wawancara mendalam. Informan penelitian merupakan pengguna OVO berusia 19 – 23 tahun yang
berdomisili di Jakarta dan Bekasi sejumlah 10 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh e
sales promotion OVO yang membentuk pembelian secara impulsive melalui strategi cashback, diskon,
dan coupons. Stimulus pesan promo selling pada aplikasi OVO dapat mengubah motivasi konsumen yang
awalnya menjadikan aplikasi ini sebagai penunjang kemudahan bertransaksi, menjadi motivasi yang ingin
memenuhi hasrat keinginan hedonis.
Kata kunci: e-sales promotion, impulse buying, digital payment

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elsie Oktivera
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:19
Last Modified: 06 Oct 2020 02:19
URI: http://repository.starki.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item