Daya Tarik Ketakutan pada Iklan Produk Suplemen Formula di Indonesia (Analisa Semiotika Iklan Televisi Produk Suplemen Formula Balita)

wirawan, fa wisnu (2010) Daya Tarik Ketakutan pada Iklan Produk Suplemen Formula di Indonesia (Analisa Semiotika Iklan Televisi Produk Suplemen Formula Balita). Masters thesis, Universitas Indonesia.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
tesis-magister komunikasi-fa wisnu wirawan.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengupas daya tarik ketakutan pada iklan televisi produk-produk suplemen formula di Indonesia dengan unit analisis tiga produk susu balita yaitu Dancow 1+, Nutrilon Royal 3, dan Dancow Batita. Hasil analisa menyimpulkan bahwa ketakutan muncul dari sisi negatif dan positif. Sisi negatif yang dimaksud adalah bahwa sesuatu yang kotor dan kurang menyehatkan yang dilakukan oleh tokoh
utama secara eksplisit ditampilkan pada iklan. Sisi positifnya adalah melalui segala keunggulan dan rekomendasi pengkonsumsian produk masing-masing sub brand.
Penelitian ini mengungkap makna tanda-tanda yang dikonstruksi, menggunakan analisa Teori Semiotika Peirce. Fear of illness dan fear of being foolish adalah jenis
ketakutan yang ditemukan. Daya tarik ketakutan merupakan alat komunikasi persuasif yang dirancang untuk memberikan dampak pembelian produk.

Kata kunci:
semiotika, daya tarik ketakutan, produk suplemen formula

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: F A Wisnu Wirawan
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:25
Last Modified: 30 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.starki.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item